Apa dan bagaimana Dalvik itu?

Apa dan bagaimana Dalvik itu?
source pict : phonearena.com

Dalvik? 

Apakah anda pernah atau sering mendengar kata itu? Apakah anda sering mencari di internet tentang itu? Banyak geeky (penggila teknologi),modder (pengutak-atik) dan pengembang teknologi terutama android sering bingung dengan hal dan kata tersebut, banyak juga yang sering utak-atik android yang sebatas tahu tentang kata tersebut tetapi tidak mengerti arti ynag sesungguhnya dari hal tersebut (termasuk saya :3 ). Di sini saya akan menjelaskan hal tersebut.


Dalvik adalah sebuah mesin virtual (VM) yang berbasis Java (bahasa pemrograman) yang dioptimalkan untuk bidang perangkat bergerak (mobile), pemrograman Java yang biasa menerjemahkan (compile) kode sumber yang di tulis dalam bentuk teks kedalam kode byte (bytecode), kemudian setiap kelas nya dirubah kedalam format .dex agar program tersebut dapat dibaca dan digunakan oleh mesin virtual dari Dalvik tersebut. Dalvik mengubah tautan sumber kode dan merubah strukturnya menjadi lebihb sederhana sehingga menciptakan file yang berukuran lebih kecil sehingga dapat dioptimalkan pada perangkat mobile.

Bingung? (sama :D), Sederhananya Dalvik adalah JVM yang dioptimalkan pada perangkat mobile yang didasarkan pada proyek Apache Harmony dengan sumber kode terbuka yang lebih baik dari Java Virtual Machine nya Oracle (perushaan pemilik hak paten Java), yang terbatas atau dibatasi pada perangkat keras tertentu. Oracle mungkin membencinya (uang berbicara disini ^^), karena yah mungkin mereka tidak mendapatkan royalti dari hak paten tersebut. Karena Dalvik itu bersumber kode terbuka maka dalvik dapat dipindahkan (diterjemahkan) ke perangkat lain (selain android). Android menggunakan Dalvik karena lisensi GPL2 nya (gratis dan terbuka). Google mengatakan bahwa dalvik dibangun murni tanpa ada satupun Java disana, tetapi Oracle tidak setuju dengan hal tersebut. Saya juga tidak begitu mengerti, tapi yang jelas kita bisa menggunakanya dengan gratis.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa dan bagaimana Dalvik itu?"

Post a Comment

Hai