JIT pada Dalvik VM Android


Taukah anda tentang JIT ?  


JIT pada Dalvik VM Android
Courtesy Google Images
JIT merupakan kependekan dari “Just In Time” yang dikenal juga dengan penerjemah program dinamis, yaitu yang melakukan kompilasi program saat penjalanan (eksekusi) program tersebut pada saat runtime (waktu / saat dimana program dijalankan) daripada sebelum eksekusi. Karena ini android, maka kita akan membhasa JIT pada Dalvik yang memang pernah kita bahasa sebelumnya. Dalvik VM memang baru pertama kali ditambahkan pada versi android 2.2 Froyo (Frozen Yoghurt) tetapi ketika dibandingkan dengan pendahulunya yang sangat dekat (android 2.1 Eclair) menunjukan perbedaan kemampuan yang sangat signifikan. Compiler JIT pada perangkat Android memang dirancang untuk keperluan 'pemanasan' yang sangat pendek, yang dimana dia tidak memerlukan waktu yang lama untuk menganalisa kode sebelum mulai bekerja. Dia menyimpan informasi pada cache / tembolok ( mekanisme penyimpanan data berkecepatan tinggi yang sering diakses) kedalam RAM, sehingga sangat tidak disarankan untuk perangkat dengan memory (RAM) kecil. Hal itu dioptimalkan dan memakan memory sekitar 100K per prosesnya, tetapi itu sudah cukup memberi dampak pada G1 atau HTC Magic. Itulah mengapa kebanyakan perangkat sebelum Google Nexus One tidak didukung secara resmi oleh Google.

Compiler JIT secara sederhana memudahkan / melonggarkan lama hidup CPU, sehingga lebih banyak pekerjaan dapat terselesaikan dan lebih irit daya tentunya. Dan ini berarti juga bahwa setiap aplikasi yang 'dicekik' oleh CPU akan berjalan lebih cepat. Tidak semua aplikasi menunjukan peningkatan kecepatan terlalu, dan kebanyakan aplikasi yang ditulis dengan NDK atau kode induk tidak berjalan lebih cepat selama mereka tidak menggunakan Dalvik dalam penerapanya.
Untuk pengguna akhir seperti saya dan anda pasti cukup penasaran juga dengan seberapa tangguh dan kuat perfroma dari perangkat yang kita miliki, sehingga terkadang kita juga perlu memikirkan hal tersebut untuk memilih perangkat kedepanya.
Sekian dan salam hangat dari saya, silakan berkomentar agar kita bisa membahas lebih jauh tentang kesenangan kita atau sekedar basa-basi pun tak mengapa ^^.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "JIT pada Dalvik VM Android"

Post a Comment

Hai