8 Alasan Kenapa Android Tidak Akan Pernah Bisa Mengalahkan iPhone

Jika anda bertanya lebih baik Android atau iOS maka jawaban saya adalah Android, karena saya dapat menyalurkan kegemaran saya dalam bentuk “utak-atik” perangkat lunak yang dimana pada iOS saya tidak dapata menemukannya, kalaupun bisa mungkin hanyalah pada tingkatan yang sangat dasar. Tetapi kalau anda bertanya Android atau iPhone maka jelaslah saya akan menyarankan anda iPhone (kita kesampingkan persoalan harga terlebhih dahulu). Yah, karena tidak dapat dipungkiri bahwa hanyalah iPhone yang dapat memberikan kemudahan penggunaan pada pengguna dan segala keunggulan lain dibanding Android. Disini telah dirangkum beberapa keunggulan iPhone dibanding Android.

1. Penggabungan Perangkat Lunak Dan Perangkat Keras Yang Lebih Baik

Contohnya saja 3D Touch Display pada iPhone 6 dan 6 Plus yang tidak pernah bisa ditiru oleh pengembang Android. Fitur ini dapat dengan mudah mengenali tekanan sentuhan yang ada berkat sensor yang ditanamkan padanya, memungkinkan anda untuk melakukan tindakan cepat (quick action) hanya menekan lama pada salah satu icon yang ada, atau dengan mudah mengintip surel (email) pada kotak masuk (inbox) dengan menggunakan sentuhan lembut. Tentu saja pada Android hal ini sudah diterapkan cukup lama, tetapi Taptic Engine pada iPhone menjanjikan pengalaman penggunaan yang lebih baik dan sangat ringkas. Hanyalah Apple yang bisa menggabungkan dua hal tersebut seperti ini.

Penggabungan Perangkat Lunak Dan Perangkat Keras Yang Lebih Baik di iPhone
Gambar iPhone saat digunakan


2. Kehebatan Kamera.

Iphone dengan tetap menghasilkan foto dengan gambar yang tepat dari generasi ke generasi. Dan iPone 6 Series menghadirkan tangkapan gambar yang lebih tajam dan dapat melakukan perekaman sampai dengan Ultra-HD (4K) dengan hanya resolusi yang 12 Mp. Pada pertarungan antara Samsung Galaxy S6 dan iPhone 6 Plus, hasil jepretan Samsung menghasilkan gambar yang lebih baik di daerah cahaya rendah, tetapi jepretan iPhone memberikan kesan yang lebih hangat diluar runangan terutama sinar matahari langsung.

Sensor Kamera iPhone lebih hebat dari Android


3. Ponsel Termudah Untuk Digunakan

Seperti yang saya sebutkan diatas, memang dari awal iPhone dirancang untuk orang-orang yang tidak suka “ribet”, berbeda dengan Android yang yang memang sejak awal dirancang untuk mudah dibuat “ribet”. Salah satu yang membuatnya mudah adalah tidak adanya app drawer yang terpisah, dan tidak perlu tindakan lebih untuk suatu hal yang sederhana. Ambil, hidupkan dan sentuh aplikasi untuk membukanya.

iPhone lebih mudah dengan bloatware yang sudah disesuaikan


4. Pembaruan OS Ketika Anda Menginginkanya.

Ini mungkin sedikit menyakitkan, tetapi kenyataanya menurut data yang terpercaya pada 1 Juni 2015 Androdi Lollipop yang saat itu merupakan versi terbaru baru bisa terpasang sejumlah 12% dari sejumlah perangkat yang beredar. Jadi hanya 1 dari 10 pengguna yang bisa merasakan fitur terbaru seperti Material Design. Disaat yang sama di kubu iPhone, sebanyak 83% dari perangkat yang ada sudah menjalankan iOS 8 yang saat ini juga OS terakhir paling baru. Inilah permasalahan nyata bagi kebanyakan pengguna Android. Semua pengguna iPhone dapat melakukan pembaruan satru hari atau lebih cepat tergantung server Apple. Namun persmasalahan ini tidak dihadapi beberapa ponsel adndroid seperti Nexus,Samsung, LG dan HTC yang menggunaka jenis AOSP selaku OS murni.



5. Sedikitnya Jumlah Bloatware.

Bloatware disini dapat diartikan sebagai aplikasi yang mengganggu atau aplikasi yang sebenarnya tidak diperlukan oleh pengguna. Samsung lah yang paling bagus dalam hal ini, merekalah yang memiliki tingkatan bloatware yang paling sedikit dari vendor lainya. Tetapi walaupun begitu itu adalah hal yang sangat menyebalkan mengingat untuk menghapus sebuah bloatware yang memakan penggunaan RAM kita diperlukan sebuat root pada ponsel kita. Saat ini mungkin Apple juga menyertakan bloatware seperti Apple Watch, tetapi itu sangatlah jauh lebih baik ketimbang vendor Android pada umumnya.

iPhone lebih sedikit bloatware daripada Android

6. Apple Pay

Mungkin ada yang berpikiran “ya benar lah, itu kan produk nya Apple, kalau Android pasitnya namanya Android Pay” anda mungkin benar. Tetapi bukanlah itu yang membuatnya berbeda, beberapa tahun belakangan Apple telah menggandeng perusahaan yang terbaik dalam bidangnya yang menghasilkan Touch ID. Sehingga pabrikan seperti Samsung dengan Samsung Pay nya dan lain-lain masihlah kalah jauh dengan milik Apple. Penggunaan Apple Pay sangatlah mudah, tinggal dekatkan iPhone anda pada tatanan pembayaran yang medukung, maka NFC akan bekerja secara otomatis.


7. Family Sharing

Pada keluarga pengguna Apple mereka dapat bermain dan menyimpan bersama. Dengan fitur ini, Aayah, Ibu dan sang anak dapat membagikan apa yang mereka beli di AppStore,iTunes dan iBooks sampai dengan 6 orang. Ketika si kecil akan membeli sesuatu disitu maka orang tua selaku pengawas akan diberi peringatan untuk melanjutkan membeli atau tidak melakukanya, sehingga tidak ada cerita kalau pulsa atau tabungan anda terkuras habis karena si kecil dengan sembarangan membeli aplikasi yang ada di AppStore / PlayStore. Kendali penuh berada di tangan anda. Dan kemampuanya yang lain adalah bahwa dia dapat memantau si kecil terus menerus didalam peta selama perankgat iPhone ada di tangan atau dekatnya. Saya juga tidak paham kenapa Google tidak memberlakukan ini pada Android.

8. Dukungan dan Bantuan Terbaik.


Ketika anda mendapatkan masalah anda bisanaya mencari pemecahanya di blog,forum dan situs-situs tertentu yang belum tentu ahli dan terkadang mereka hanya copas tanpa mengetahui seluk beluknya. Tetapi dengan iPhone anda dapat menemukan berbagai macam pemecahan masalah disitus resminya Apple. Kenapa ini dianjurkan, karena disitu memang berkumpulnya para ahli yang meamang dilatih dan dibayar oleh pihak Apple. Dan mungkin ini karena sejak awal tujuan mereka dibuat memanglah berbeda seperti yang saya katakan diatas.  

Subscribe to receive free email updates: