Android N : Apa Yang Kita Tahu Dan Kita Harapkan

Nama Android N 

Setiap tahun atau setiap perguliran versi android pasti nama dari seri android tersebut selalu diperdebatkan dan kita tebak-tebak. Dan yang jelas untuk sekarang versi android masih menggunakan seri abjad huruf sebagai dasaranya, dan sudah menjadi kebiasaan bagi mereka untuk menamainya dengan nama makanan manis, seperti kata Marshmallow untuk versi Android M pada versi sebelumnya.
Pada awal desember kemarin Sundar Pichai CEO Google berbicara ke salah satu sekolah di Delhi (India) dan menyuruh para siswa melakukan pemungutan suara untuk menamakan Android. Hal itu terjadi setelah Pichai bertanya kenapa kita tidak menamakanya berdasarkan nama makanan penutup di India. Dia mengatakan juga akan meminta saran kepada ibunya dan mungkin pemungutan suara (voting) secara daring (online) akan menjadi kenyataan.
Bahkan salah satu situs terkenal mengatakan apabila dia berani bertaruh bahwa namanya adalah Nutella. Menurut anda apakah nama yang akan cocok?

Android N : Apa Yang Kita Tahu Dan Ingin Kita Lihat Android Nutella
Android Nutella

Apa yang telah kita ketahui dari Android N ?

Tanggal Pengeluaran Android N

Kita telah mengetahui kapan waktu peluncuranya karena Google melakukan pengumuman utamanya tentang pembaruan Android pada Google I/O (rapat tahunan untuk para pengembang) pada bulan Mei. Maka dari itu Android versi pratinjau pengembang (developer preview) akan memulai debutnya pada Google I/O 2016 dan akan terus dikembangkan sampai dengan versi akhir. Untuk versi akhir mengikuti peluncuran Nexus yang terbaru tentunya, mungkin di akhir September atau awal Oktober Android N sudah tersedia untuk produsen lain.

Android N multi-window mode (Menggunakan jendela banyak)
Courtesy by Google Images

Android N multi-window mode.

Ketika tablet Pixel C baru saja dikeluarkan, salah satu anggota Google dalam yang melakukan rancangan tersebut menghadiri Reddit AMA (Ask Me Anything) untuk menjawab beberapa pertanyan tentang tablet hybrid mode. Satu hal yang pasti di AMA adalah, regu Android tersebut sedang bekerja untuk menggarap pembagian layar secara asli, walaupun anda sudah bisa melakukanya untuk Android Marshmallow tetapi secara lahir baru bisa anda dapatkan di Android N. Untuk itu setidaknya Google harus :
1. Mengoptimalkan semua fungsi layar untuk ukuran, takrif (definition) dan kepadatanya agar lebih baik.
2. Membuat sifatnya untuk semua, sehingga semua perangkat lunak bisa menggunakan mode ini, bukan hanya sebagian saja.

In landscape mode, things go left/right, but occasionally you'll see some glitches (Pada Saat Cara Bentang Darat Sedikit Mengalami Gangguan)
Pada Saat Cara Layar Membentang Sedikit Mengalami Gangguan


Apa yang kita ingin lihat Android N :

Cara Pengendalian Yang Dihadapi Pengguna Android N
Android Marshmallow memang membawakan sekian banya keunggulan (tetapi sebenarnya tidak bisa disebut sexy). Yang melingkupi serangkaian penggunaan izin (app permission), penggunaan penjagaan daftar putih (app standby whitelist) kecuali untuk pengoptimalan daya, penerapan tautan yang diinginkan dan Penyeteman Tata Pemgalaman Pengguna (System UI Tuner).

System UI Tuner Urttee Misc
Kita berharap hal ini supaya lebih meudah digunakan.

Pengelola Kata Sandi (Password Manager) Android N

Pada Marshmallow 6.0 fitur ini disembunyikan secara bawaan oleh Google. Semacam pengelola kata sandi pada setiap aplikasi atau situs yang anda kunjungi, sehingga apabila anda melepas dan memasang kembali aplikasi yang anda anda tidak perlu lagi menuliskan / membuat kata sandi baru karena data sudah disimpan di server google dan juga bisa menyimpan data perjalanan permaianan anda sehinnga anda tidak perlu memulai dari awal apabila aplikasi permainan yang anda pasang sebelumnya anda lepas. Tapi bagaimana kalau kami belum memakai Marshmallow? Tenang, anda cukup memasang Google Play Game yang bisa anda dapatkan gratis di PlayStore dan masalah anda-pun terpecahkan. Dan kami sangat berharap untuk Android N ini mereka tidak menyembunyikan fitur ini. Bila anda belum jelas coba anda baca ini : 

Menyinkronkan sandi Google Anda di perangkat

Google Smart Lock untuk Sandi memudahkan pengamanan akun bagi aplikasi dan situs web favorit. Smart Lock dapat menyimpan sandi ke Akun Google dan membantu Anda menggunakan sandi dengan aman dan myanan di situs web yang digunakan di Chrome dan aplikasi yang digunakan di perangkat Android.
Jika Anda menggunakan Smart Lock untuk Sandi, sandi yang telah disimpan di Chrome mungkin tersedia di perangkat Android. Sandi yang disimpan di perangkat Android mungkin tersedia juga di browser Chrome jika Anda masuk ke Chrome dengan Akun Google. Perlu diingat bahwa tiap sandi hanya akan tersedia untuk aplikasi atau situs yang sesuai. Pelajari lebih lanjut tentang mengelola sandi situs web.

Menyimpan sandi di perangkat seluler

Jika Smart Lock untuk Sandi diaktifkan, Anda akan ditanya apakah ingin menyimpan informasi login saat masuk ke beberapa aplikasi di perangkat. Sentuh Simpan sandi untuk menyimpan sandi aplikasi dengan aman. Jika memiliki lebih dari satu Akun Google yang digunakan untuk masuk ke perangkat, Anda dapat memilih akun tempat menyimpan sandi.
Pertama kali menggunakan sandi yang telah disimpan di Akun Google untuk masuk ke aplikasi yang kompatibel, Anda akan diberi tahu bahwa Anda menggunakan Smart Lock untuk Sandi. Anda dapat melihat sandi yang tersimpan kapan saja dengan membuka passwords.google.com. -support.google.com-

Smartlock for Password urttee misc

Android N theme engine

Jika Anda telah melihat OnePlus 2 Anda akan tahu betapa mudah antarmuka Android dapat diutak-atik, bahkan pada tingkat yang sangat dangkal. OxygenOS memang terlihat seperti Stock Android tetapi memungkinkan Anda untuk memilih warna aksen khusus untuk antarmuka (warna yang dapat diganti dan dapat beralih dengan mudah). Ini akan menjadi tambahan yang sangat sederhana namun dipersilakan untuk Android N. 
Kami juga mengharapkan untuk melihat Mode Gelap di Android N, tapi kita tidak akan terkejut jika muncul kembali di update Marshmallow mendatang, jauh sebelum Android N. Tak perlu dikatakan bahwa tidak ada batas untuk berapa jauh Google bisa mengambil mesin tema stock Android jika merasa begitu ingin.

OnePlus Two urttee misc



Kebebasan Tata Pembaruan Android N

Mungkin ini akan menjadi sebuah harta karun apabila Google sepenuhnya memisahkan diri dari produsen dan hal-hal lainya untuk urusan pembaruan. Ada dua alasan utama kenapa pembaruan perangkat non-Nexus berjarak sangat lama (telah kita ketahui bahwa peluncuran nexus terbaru pastilah diikuti juga dengan peluncuran versi terbaru dari versi Android). 
1. Jika Google bisa memperbarui fungsionalitas inti dari Android, terlepas dari antarmuka dan perangkat lunak perubahan fitur ditambahkan kemudian oleh produsen dan operator, kita bisa tiba-tiba akan melihat pembaruan kecepatan Android Nexus untuk semua orang, seperti dengan iOS, dan akhir fragmentasi Android .
2. Add-ons dari operator dan OEM hanya bisa datang di kemudian hari, tetapi fungsionalitas inti akan dekat seketika. Bagaimana ini semua bisa bekerja adalah sedikit misteri, tetapi harus ada tim di Android sudah melihat hal itu bagaimana itu bisa membuatnya bekerja.

Android N independence update urttee misc

Apa Untungnya Buat Saya?

Seperti anda ketahui  Apa Yang Kita Tahu Dan Kita Harapkan dari Android N tersebut dapat menjadi masukkan berharga bagi mereka. Kabar bagusnya apabila mungkin anda menginginkan suatu perubahan pada Android seperti yang anda kehendaki, dengan suara yang banyak  mereka mungkin bisa berubah pikiran dan melakukan apa yang kita inginkan. Karena seperti anda ketahui bahwa pembeli adalah Raja bagi kaum penjual. Jadi apa yang anda inginkan pada Android N untuk kedepanya? 

Subscribe to receive free email updates: